Fasilitas Umum

Fasilitas Umum dan Sosial Desa Bade

Seringkali kita mendengar istilah fasilitas sosial-fasilitas umum (fasos dan fasum) untuk menggambarkan fasilitas yang bisa digunakan publik. Dalam peraturan tentang fasilitas sosial, tak ditemukan istilah fasos dan fasum. Fasum dan fasos adalah  istilah untuk prasarana lingkungan, utilitas umum dan fasilitas sosial yang dipendekkan menjadi fasos fasum untuk mempermudah penyebutannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online, yang dimaksud dengan fasilitas sosial adalah fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah atau swasta untuk masyarakat misalnya, sekolah, klinik dan tempat ibadah. Sedangkan yang dimaksud fasilitas umum adalah fasilitas yang disediakan untuk kepentingan umum, misalnya jalan dan alat penerangan umum Adapun pengertian prasarana adalah kelengkapan dasar fisik lingkungan yang memungkinkan lingkungan perumahan dan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sarana adalah fasilitas penunjang yang berfungsi untuk penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya. Utilitas adalah sarana penunjang untuk pelayanan lingkungan.

Sarana Prasana

Jalan Desa Bade terdiri dari tiga jenis yakni jalan provinsi, kabupaten, jalan desa dan jalan dukuh. Masing-masing jalan memiliki panjang dan kewenangan yang berbeda apabila terdapat kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan. Jalan kabupaten menjadi milik kabupaten sehingga apabila membutuhkan perbaikan menjadi tanggung jawab dari pihak Kabupaten, hal yang sama dengan jalan desa dan dukuh yang menjadi kewenangan desa dan dukuh apabila membutuhkan perbaikan. 

Tempat Ibadah

Desa Bade yang mayoritas beragama Islam, Masjid dan Mushola merupakan bangunan wajib yang harus ada di desa, Desa Bade sendiri memiliki total tanah seluas 15.000 M2 untuk tempat ibadah.

Sarana Kesehatan

Didalam setiap desa tentunya memiliki polindes atau puskesmas desa yang menjadi pusat kesehatan masyarakat Desa Bade memiliki 1 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan kondisi yang sangat layak digunakan untuk pelayanan pertama kesehatan. Desa Bade tanah seluas 54 m2 untuk sarana kesehatan.

Sarana Pendidikan

Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pendidikan adalah mengenai fasilitas pendidikan.Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang dalam proses pendidikan, seperti: Gedung, ruangan belajar/kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas/prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun/taman sekolah, jalan menuju ke sekolah. Desa Bade memiliki 11.000 M2 tanah untuk sarana pendidikan

Sarana Olahraga

Perkembangan Desa selama 6 tahun, mengingat bahwa Pemuda adalah tulang punggung bangsa maka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Bade perlu untuk ditingkatkan, yakni melalui pembinaan-pembinaan yang diantaranya organisasi kepemudaan (Karang Taruna), pelatihan ketrampilan kerja dan lain-lain.

Selain itu Pemerintah Desa memandang perlu membenahi dan menfasilitasi kegiatan-kegiatan pemuda, dengan cara pengadaan dan pemeliharaan sarana olah raga yang ada di Desa. Dalam bentuk tabel, berikut jumlah sarana olahraga di Desa Bade

Kawasan Rawan Bencana

Desa Badepada prinsipnya tidak termasuk dalam peta wilayah rawan bencana di Kecamatan Klego.Namun ada beberapa lokasi tebing yang perlu diperhatikan oleh pemerintah desa yaitu:

a. Sebelah barat dukuh Sendangserut ada lokasi yang sangat curam, sehingga sangat rawan longsor karena tebing tersebut sebagai bahu jalan yang menghubungkan Desa Bade dengan Desa Sangge.

b. Sebelah utara dukuh Ngegot ada lokasi  tegalan yang berbatasan dengan Desa Kendel, dengan batas desa sebuah sungai yang cukup besar sehingga sangat rawan dengan banjir bandang maupun longsor yang mengakibatkan terkikisnya lokasi tegalan yang ada disisi sungai tersebut.

Dalam bentuk tabel berikut luas dan penggunaan lahan di Desa Bade:

No

Penggunaan Lahan

Luas

1

Tanah sawah

154.5970 Ha

2

Pekarangan/bangunan/emplasement

89.3675  Ha

3

Tegal / Kebun

37.7785 Ha

4

Lapangan Olahraga

0.5000 Ha

5

Pemakaman

0.5000 Ha

6

Masjid/Mushola/Langgar

15.000 m2

7

Sarana Pendidikan

11.000 Ha

8

Sarana Kesehatan

54 m2

9

Tanah bengkok yang telah berubah menjadi tanah kas desa

16.7260 Ha

10

Tanah kas desa murni

18.7063 Ha

Berita Terkini